Wednesday, January 30, 2019

PERATURAN AKADEMIK


BAB  I

Pasal  1

KETENTUAN UMUM

1.      SMK YPT Banjarmasin adalah Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar tingkat lanjutan pertama beralamat di Jl. Rawasari Ujung Rt. 61 No.01 Banjarmasin

2.      Peserta Didik adalah pelajar yang bersekolah di SMK YPT Banjarmasin pada tahun pelajaran 2020/2021.

3.      Kegiatan Intrakurikuler adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan  dalam  jam pelajaran

4.      Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan pembelajaran / pelatihan  yang dilakukan di luar jam pelajaran.

5.      Penilaian atau Ulangan adalah kegiatan pengukuran hasil belajar yang dilakukan guru atau sekolah sebagai bahan untuk menentukan keberhasilan Peserta Didik dalam belajar

6.      Remedial adalah program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan belajar Minimal yang ditetapkan.

7.      Pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada peserta didik yang telah melampaui  Kriteria Ketuntasan belajar Minimal yang ditetapkan agar peserta didik yang bersangkutan dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya

8.      Warga Sekolah adalah seluruh anggota masyarakat yang terlibat dalam kegiatan sekolah di SMK YPT Banjarmasin .

9.      Tata Tertib adalah seperangkat peraturan sebagai hasil kesepakatan untuk dilaksanakan dan dipatuhi oleh seluruh warga sekolah.

10.  Tata Krama adalah sejumlah ketentuan yang menjadi landasan tingkah laku bagi warga sekolah.

11.  Orang tua/wali adalah orang yang secara langsung menjadi penanggung jawab atas Peserta Didik.

12.  Pakaian seragam adalah pakaian yang resmi menjadi pakaian wajib sehari-hari di sekolah 

 

Pasal  2

PAKAIAN SEKOLAH

1.     Pakaian Seragam.

 

Peserta Didik wajib mengenakan pakaian seragam sekolah dengan ketentuan sebagai berikut:

 

a.      Umum

1)      Bersih, sopan dan rapi

2)      Berpakaian putih-putih dan berdasi pada hari Senin dan Selasa

3)      Berpakaian Batik pada hari Rabu dan Kamis

4)      Berpakaian muslim/muslimah pada  hari  Jum’at bagi Peserta Didik muslim.Bagi non muslim pakaian biru putih berdasi lengkap.

5)      Berpakaian Pramuka pada hari Kamis

6)      Topi sekolah pada saat Upacara

7)      Sepatu warna hitam, dominan dan bertali kaos kaki putih ± 15 cm  di atas mata kaki.

8)      Pakaian tidak terbuat dari kain yang tipis dan tembus     pandang, ketat dan membentuk tubuh.

9)      Tidak menggunakan perhiasan yang mencolok dan tidak bersolek.

 

b.      Khusus laki-laki

1)      Baju lengan   pendek dengan ketentuan :

§  Panjang lengan  sampai dengan siku

§  Panjang baju + 20 cm dari pinggang, baju dimasukan kedalam celana dengan ikat pinggang yang tampak dari seluruh arah.

2)      Panjang celana ± 1 jari  di atas lutut dengan kelonggaran kira-kira     masuk kepalan tangan (tidak ketat)

3)      Celana memakai saku dalam kanan kiri dan belakang kanan

4)      Tidak memakai aksesoris.

c.       Khusus perempuan

1)      Baju lengan pendek dengan ketentuan :

§  Panjang lengan sampai dengan pergelangan tangan.

§  Panjang baju + 20 cm dari pinggang.

2)      Baju dimasukkan ke dalam rok memakai ikat pinggang yang tampak dari seluruh arah.

3)      Rok sampai semata kaki, memakai saku dalam kanan kiri, ploi  kanan kiri.

4)      Tidak memakai perhiasan atau aksesoris yang mencolok.

5)      Tidak bersolek.

2.      Pakaian Olahraga.

a.       Untuk pelajaran olahraga Peserta Didik wajib memakai pakaian olahraga yang telah ditetapkan sekolah.

b.      Kaos dimasukan kedalam celana/training

c.       Kaos tidak boleh dicoret – coret atau ditempel dengan tulisan / gambar 

 

Pasal   3

RAMBUT, KUKU, TATO, MAKE UP

1.      Umum.

Peserta Didik dilarang :

a.       Berkuku panjang

b.      Mengecat rambut dan kuku

c.       Bertato

 

2.      Khusus Peserta Didik laki-laki

a.       Tidak   berambut  panjang/gondrong dengan ketentuan :

1)      Belakang tidak menyentuh kerah baju.

2)      Samping tidak menyentuh telinga.

3)      Atas tidak bisa dijambak sendiri.

b.      Tidak bercukur gundul.

c.       Rambut  berpotongan lazim

d.      Tidak  memakai  kalung,  anting dan gelang atau aksesoris lain.

 

3.      Khusus Peserta Didik perempuan

a.       Tidak  memakai  make-up atau bersolek berlebihan.

b.      Tidak  memakai  aksesoris  yang ber- lebihan.

c.       Bagi peserta didik yang mengenakan kerudung/jilbab harus sesuai seragam harian.

d.      Bagi Peserta Didik Perempuan yang tidak mengenakan kerudung/jilbab yang memiliki rambut panjang rambut tidak terurai harus diikat rapih.

 

Pasal   4

KEHADIRAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

 

1.        Setiap siswa harus berada di sekolah dari pukul 07.15 s.d. 12.15 

2.        Peserta Didik wajib hadir di sekolah sekurangnya 5 menit sebelum bel berbunyi, sedangkan petugas piket harus datang jauh lebih awal.

3.        Peserta Didik terlambat datang kurang dari 15 menit harus lapor kepada guru piket, untuk mendapat izin masuk kelas.

4.        Peserta Didik terlambat datang ke sekolah lebih dari 15 menit harus lapor kepada guru piket dan tidak diperkenan masuk kelas pada pelajaran pertama.

5.        Pada waktu istirahat Peserta Didik dilarang berada di dalam kelas.

6.        Pada waktu pulang Peserta Didik harus langsung pulang ke rumah kecuali yang mengikuti kegiatan tertentu sesuai tugas di bawah bimbingan guru pembimbing.

 

Pasal   5

PENILAIAN/ULANGAN, REMEDIAL, UJIAN, KENAIKAN KELAS, DAN KELULUSAN

 

1.          Setiap Peserta Didik wajib mengikuti Penilaian/Ulangan yang ditentukan oleh guru mata pelajaran masing-masing.

2.          Setiap Peserta Didik memperoleh nilai di bawah KKM pada saat mengikuti Penilaian/Ulangan yang ditentukan oleh guru mata pelajaran masing-masing wajib mengikuti Remedial.

3.          Seluruh Peserta Didik wajib mengikuti Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester

4.          Setiap Peserta Didik kelas XII wajib mengikuti Ujian Akhir Sekolah

5.          Syarat Kenaikan Kelas :

a.       Nilai Raport tiap semester di bawah KBM minimal 3 mata pelajaran kecuali untuk mata pelajaran Peminatan , Agama, PPKn, dan PJOK.

b.      Kehadiran selama 1 tahun serta kehadiran prakerin  ≥ 80 % , dan alpa ≤ 15 %

c.       Proses kenaikan kelas melalui rapat dewan guru

d.      Harus mengikuti magang kelas XI dan mendapatkan Sertifikat Magang 

6.          Syarat Kelulusan :

a.       Nilai Raport tiap semester di bawah KBM minimal 3 mata pelajaran kecuali untuk mata pelajaran Peminatan, Agama, PPKn, dan PJOK.

b.      Kehadiran selama 1 tahun serta kehadiran prakerin  ≥ 80 % , dan alpa ≤ 15 %

c.       Harus mengikuti magang kelas XI, XII dan mendapatkan Sertifikat Magang 

d.      Memperoleh nilai minimal cukup pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan ;

e.       Lulus ujian sekolah/madrasah (US) untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan  dan teknologi, minimal 3 mata pelajaran di bawah KBM kecuali untuk mata pelajaran Peminatan, Agama, PPKn, dan PJOK.

f.       Proses kelulusan  melalui rapat dewan guru

g.      Lulus Ujian Nasional

h.      Lulus UKK dengan nilai minimal cukup 

 

Pasal   6

PENGGUNAAN FASILITAS SEKOLAH

 

1.          Setiap Peserta Didik berhak menggunakan Fasilitas Sekolah yang disediakan untuk Peserta Didik.

2.          Setiap Peserta Didik wajib memelihara dan menjaga Fasilitas Sekolah yang disediakan untuk Peserta Didik.

3.          Ketentuan Khusus penggunaan Fasilitas Sekolah ditentukan lebih lanjut oleh Guru / Petugas yang ditunjuk sebagai Penanggungjawab Fasilitas Sekolah

 

Pasal   7

LAYANAN KONSULTASI KEPADA GURU MATA PELAJARAN, WALI KELAS, DAN KONSELOR

 

1.          Setiap Orang tua Peserta Didik dan/atau Peserta Didik yang bersangkutan berhak mendapatkan Layanan konsultasi dari guru mata pelajaran, wali kelas, dan konselor 

2.          Setiap Orang tua Peserta Didik dan/atau Peserta Didik yang bersangkutan wajib mengedepankan etika dan sopan santun saat berkonsultasi dengan guru mata pelajaran, wali kelas, dan konselor

3.          Layanan konsultasi antara Orang tua Peserta Didik dan/atau Peserta Didik yang bersangkutan dengan guru mata pelajaran, wali kelas, dan konselor hanya boleh dilakukan pada saat Jam Kerja

 

Pasal   8

KEBERSIHAN, KEDISIPLINAN, KETERTIBAN

 

1.          Setiap kelas dibentuk regu kerja (piket) kelas yang secara bergiliran bertugas menjaga kebersihan dan ketertiban kelas. 

2.          Setiap regu kerja (piket) kelas yang bertugas hendaknya menyiapkan dan memelihara perlengkapan kelas yang terdiri dari :

a.       Penghapus papan tulis, penggaris dan spidol.

b.      Taplak meja dan bunga.

c.       Sapu dan perlengkapan kebersihan lainnya.

d.      Merawat taman yang ada di depan dan belakang kelas.

e.       Menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan kelas.

3.          Regu kerja (piket) kelas mempunyai tugas :

a.       Membersihkan lantai dan dinding serta merapikan bangku-bangku dan meja sebelum jam pelajaran pertama dimulai.

b.      Menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran, misalnya ; mengambil peta, spidol, membersihkan papan tulis dan lain-lain.

c.       Melengkapi dan merapikan hiasan dinding kelas, seperti bagan struktur organisasi kelas, jadwal piket, papan absensi dan hiasan lainnya.

d.      Melengkapi meja guru dengan taplak dan hiasan bunga.

e.       Menulis papan absensi kelas.

f.       Melaporkan kepada guru piket tentang tindakan-tindakan pelanggaran di kelas, misalnya ; coret-coret, berbuat gaduh (ramai) atau merusak benda-benda yang ada di kelas atau tindakan tak terpuji lain.

4.          Setiap Peserta Didik membiasakan menjaga kebersihan kamar kecil/toilet, halaman sekolah, kebun sekolah dan lingkungan sekolah.

5.          Setiap Peserta Didik membiasakan membuang sampah pada tempatnya yang telah disediakan.

6.          Setiap Peserta Didik membiasakan budaya antri dalam mengikuti berbagai kegiatan sekolah dan luar sekolah yang berlangsung bersama-sama.

7.          Setiap Peserta Didik menjaga suasana ketenangan  belajar baik di kelas, ruang komputer, tempat ibadah, perpustakaan, laboratorium, maupun tempat lain di lingkungan sekolah.

8.          Setiap Peserta Didik mentaati jadwal kegiatan sekolah, seperti penggunaan dan pinjaman buku di perpustakaan, penggunaan laboratorium dan sumber belajar lainnya.

9.          Setiap Peserta Didik menyelesaikan tugas yang diberikan sekolah sesuai ketentuan yang ditetapkan.

10.      Peserta Didik yang tidak mendapat giliran piket, agar ikut menjaga kebersiahan, ketertiban dan keindahan kelas.

 

Pasal   9

SOPAN SANTUN PERGAULAN

 

Dalam pergaulan sehari-hari di sekolah, setiap Peserta Didik hendaknya :

1.      Mengucapkan salam antar sesama teman, dengan kepala sekolah dan guru, serta dengan karyawan sekolah apabila bertemu di mana saja, bagi yang muslim agar mengucapkan salam Islami.

2.      Saling menghormati antar sesama Peserta Didik, menghargai perbedaan dalam memilih teman belajar, teman bermain dan bergaul baik di sekolah maupun di luar sekolah, dan menghargai perbedaan agama dan latar belakang sosial budaya masing-masing.

3.      Menghormati ide, pikiran dan pendapat, hak cipta orang lain, dan hak milik teman dan warga sekolah.

4.      Berani menyampaikan sesuatu sesuai kenyataan.

5.      Menyampaikan pendapat secara sopan tanpa menyinggung perasaan orang lain.

6.      Membiasakan diri menucapkan terima kasih kalau memperoleh bantuan atau jasa dari orang lain.

7.      Berani mengakui kesalahan yang terlanjur telah dilakukan dan meminta maaf apabila merasa melanggar hak orang lain atau berbuat salah kepada orang lain.

8.      Menggunakan bahasa (kata) yang sopan dan beradab.

9.      Membiasakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

Pasal   10

UPACARA BENDERA DAN PERINGATAN

HARI HARI BESAR

 

1.      Upacara bendera setiap hari Senin untuk Peserta Didik pagi.

Setiap Peserta Didik wajib mengikuti upacara bendera (Jika Pandemi Sudah Berakhir) dengan pakaian seragam yang telah ditentukan sekolah. Untuk Peserta Didik pagi hari Senin. 

2.      Peringatan hari-hari besar, Setiap Peserta Didik wajib mengikuti upacara peringatan hari-hari besar nasional dan hari besar keagamaan sesuai dengan agamanya.

 

Pasal   11

KEGIATAN KEAGAMAAN

 

1.        Peserta Didik wajib dapat membaca kitab suci sesuai agamanya di bawah bimbingan guru agama yang bersangkutan.

2.        Peserta Didik wajib mengikuti kegiatan keagamaan yang diadakan oleh sekolah di bawah bimbingan guru agama yang bersangkutan.

 

Pasal   12

LARANGAN-LARANGAN

 

Dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, setiap Peserta Didik dilarang :

1.            Membawa, mengkonsumsi, mengedarkan rokok, narkoba, obat  psikotropika dan obat terlarang lainnya baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

2.            Berkelahi baik perorangan maupun kelompok, dalam sekolah atau di luar sekolah, dengan teman satu sekolah ataupun luar sekolah.

3.            Membuang sampah tidak pada tempatnya.

4.            Mencoret dinding bangunan, pagar sekolah, perabot dan peralatan sekolah lainnya.

5.            Berbicara kotor, mengumpat, bergunjing, menghina, atau menyapa antar sesama Peserta Didik atau warga sekolah  dengan kata, sapaan atau panggilan yang tidak senonoh.

6.            membawa barang yang tidak berhubungan dengan kepentingan sekolah, seperti senjata tajam atau alat-alat yang membahayakan keselamatan orang lain.

7.            Membawa, membaca, atau mengedarkan bacaan, gambar, sketsa, audio, atau vidio pornografi.

8.            Membawa dan menggunakan kartu remi/gaple dan sebagainya di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

9.            Membawa spidol, tip ex, cat/pilox dan sebagainya, kecuali atas perintah guru

10.        Tidak membawa alat musik, alat olah raga, bila tidak ada jam mata pelajaran yang bersangkutan, kecuali atas perintah guru ybs.

11.        Tidak membawa uang atau barang berharga yang berlebihan.

12.        Tidak memakai pakaian yang dapat mengundang kecemburuan sosial atau pihak lain untuk melakukan tindakan yang tidak diinginkan.

13.        Tidak membawa kendaraan bermotor/ sepeda motor sendiri.

14.        Jika terpaksa harus membawa Hand Phone tidak diaktifkan pada saat jam belajar (di kelas)




No comments:

Post a Comment